Manfaat Bermain Boneka Pada Masa Perkembangan Anak-Anak

Bagi anak perempuan, bermain boneka merupakan hal yang lumrah seperti ketika anak laki-laki yang bermain game judi bola terpercaya. Boneka apapun yang dimainkan oleh anak, mulai dari boneka Barbie, boneka hewan, boneka karakter kartun ataupun boneka lainnya sebenarnya sangatlah bermanfaat bagi anak-anak. Dengan bermain boneka, anak dapat mempelajari berbagai hal. Kegiatan yang terlihat seperti permainan biasa ini sebenarnya membantu mengembangkan kreativitas anak dan juga membantu anda untuk berkembang. Tak heran apabila anda sering menemui boneka-boneka apabila anda berkunjung ke dokter anak ataupun psikolog ketika anak melakukan konseling.

Agar lebih jelas, berikut akan dijelaskan manfaat dari bermain boneka bagi anak-anak.

  • Keterampilan sosial

Ketika bermain bersama boneka, tak jarang anak akan bermain dengan teman-temannya. Hal tersebut akan membantu anak dalam bersosialisasi dan kemampuannya berkomunikasi dengan orang lain.

  • Tanggung jawab

Ada banyak permainan yang menggunakan boneka, misalnya saja bermain rumah-rumahan menggunakan boneka. Yang mana boneka tersebut akan berperan sebagai ibu, anak akan mempraktekkan kebiasaan ibu mereka ketika di rumah dan menerapkannya pada boneka mereka ketika bermain.

  • Imajinasi

Ketika anak bermain boneka, ia akan menggunakan imajinasinya. Misalnya saja bermain peran dengan bonekanya sebagai dokter dan pasien, ibu dan anak, murid dan guru, serta peran lainnya.

  • Kemampuan bahasa

Anak akan lebih sering mengobrol dengan teman-temannya ketika bermain boneka sehingga ia akan terlatih dalam berbicara. Walaupun ia bermain boneka sendiri, ia juga berbicara sendiri dengan bonekanya, hal tersebut juga melatih kemampuan berbicaranya sehingga kosa katanya semakin banyak.

Walaupun memberikan banyak manfaat, sebagai orang tua anda juga harus memperhatikan boneka yang tepat yang nantinya akan anda berikan kepada anak anda. Pilihkanlah boneka yang sesuai dengan umurnya, misalnya saja tidak terlalu besar karena jika terlalu besar ditakutkan boneka dapat menindih anak sehingga anda kesulitan bernapas, namun juga jangan membelikan boneka dengan ukuran yang terlalu kecil. Belikan boneka yang dapat dimainkan dengan nyaman oleh anak karena anak akan sering bermain dengan boneka tersebut terutama anak perempuan.

Author: webmaster